Don’t Limit Your Challenges, Challenge Your Limit.

..

Jumat, 10 Juni 2011

PP. As-Sa idiyyah 3 dan Al-Wardiyyah


Bahrul Ulumku

PP. As-Sa’idiyyah 3 dan Al-Wardiyyah adalah salah satu pesantren yang bernaung di bawah yayasan pondok pesantren Bahrul Ulum Tambakberas Jombang. PP. As-Sa’idiyyah 3 dan Al-Wardiyyah didirikan oleh Drs. KH. Abd. Choliq, SH., S.Pd., M.Si. pada tahun 1999 untuk memperkokoh dan memperbesar syi’ar islam
yang telah lama diperjuangkan oleh para pendiri Bahrul Ulum 185 tahun yang lalu. Aktivitas dan program-program yang ada didalam PP. As-Sa’idiyyah 3 dan Al-Wardiyyah berorientasi pada pendalaman ajaran-ajaran islam, yang merujuk pada pendalaman kitab-kitab salaf dan aqidah ahlussunnah wal jama’ah.
Namun seiring dengan perubahan era, dimana seluruh generasi muda islam harus selalu siap untuk mampu menjadi agen of change dengan tetap menjadikan Al-Qur’an sebagai pedoman. Maka PP. As-Sa’idiyyah 3 dan Al-Wardiyyah senantiasa mengupayakan bagaimana santri mampu mengkontekstualisasikan ajaran-ajaran yang bersumber dari kitab-kitab salaf agar selalu sesuai dengan kondisi pada masa kini. Sehingga diharapkan pada akhir pendidikannya di pesantren para santri telah menjadi individu yang siap diterjunkan dimasyarakatnya masing-masing, menjadi insan kamil yang bermoral qur’ani dan selalu respek serta mampu menyelesaikan persoalan-persoalan social yang ada ditengah-tengah masyarakat dengan senantiasa menjadikan Al-Qur’an dan Al-Hadits sebagai rujukan.
Untuk menunjang pendidikan keagamaan ditingkat sekolah, maka didalam PP. As-Sa’idiyyah 3 dan Al-Wardiyyah Bahrul Ulum diadakan pendidikan nonformal yang dinamakan madrasah As-Sa’idiyyah 3 dan Al-Wardiyyah ditempuh selama 3 tahun. Kemudian ada juga program diniyyah unggulan yang dikhususkan untuk para santri dari madin yang berpotensi bagus didalam pemahaman ilmu alat. Program madin unggulan ini, dimaksudkan sebagai upaya pendalaman pemahaman materi dari madin. Setelah tamat madin para santri diharuskan mengikuti pengajian yang bersifat  ‘am atau kelompok dewasa.
Program pendidikan formal dilingkungan pesantren Bahrul Ulum meliputi :
1.       TK
2.       MI
3.       MIPK BU
4.       MTs BU
5.       MTsN
6.       MABU
7.       MAK
8.       MAN
9.       MMA
10.   SPPT (MAI)
11.   STAI
12.   SMP BU
13.   SMA BU
14.   SMK TI

1 komentar:

husein a. muhammad mengatakan...

tolong diposkan juga link ini yah...
www.alwardiyyahbu.tk
www.assaidiyyahtigabu.tk

Posting Komentar

next more...

u're my inspiration

g